Posted by adminstmik Info Kampus, Info LPPM

Pengelola Jurnal STMIK DCC Kotabumi Ikuti Workshop Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik Kemenristekdikti

STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi mengirim peserta untuk ikut serta dalam Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik. Acara digelar pada Senin-Rabu, 24 – 26 Juni 2019, di Novotel Lampung, Bandar Lampung.

Menurut salah satu panitia, Eko Susanto, S.Pd., M.Pd., Kons., yang juga dosen sekaligus tim Unit Publikasi Ilmiah (UPI) UM Metro menyebut bahwa acara ini terselenggara atas kerjasama dengan Kemenristekdikti dan Asosiasi Jurnal.

“Workshop ini terselenggara atas kerjasama dengan Kemenristekdikti, Asosiasi dan UM Metro,” terangnya.

Senada dengan itu, berdasarkan surat Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. Workshop memang sengaja ditawarkan kepada perguruan tinggi sebagai pihak pelaksana.

“Dalam rangka peningkatan kuantitas dan kualitas jurnal terakreditasi nasional, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual menawarkan kerjasama kepada Perguruan Tinggi untuk melaksanakan kegiatan Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik.”

Dari informasi, pengelola jurnal ilmiah UM Metro yang turut serta dalam workshop tersebut adalah Eko Prihandono, S.Pd, M.Pd Jurnal Pendidikan Fisika, Umi Hartati, S.Pd., M.Pd., Jurnal Swarnadwipa, Septyanto Kurniawan, ST, MT., Jurnal Tapak, dan Cahaya Khaeroni, M.Pd.I., Jurnal At Tajdid. Sementara puluhan peserta lainnya datang dari berbagai perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. 

Para pengelola jurnal STMIK DCC Kotabumi mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan ini, khususnya pada proses asesmen yang dapat memberikan acuan kepada para pengelola jurnal untuk memperbaiki kualiatas jurnal baik dari manajerial jurnal maupun substansi jurnal.

“Acaranya sangat bermanfaat peserta tidak sekedar menerima teori tapi satu per satu pengelola jurnal langsung dibimbing praktek manajerial OJS dan subtansi jurnal”, ujar salah satu peserta workshop, Rustam, S.Kom,.M.Ti (pengelola Jurnal informasi dan komputer DCC Kotabumi).

Tags:

About Author