Mahasiswa STMIK DCC KOTABUMI, Ikuti Sertifikasi Microsoft Office

SHARE

Bertempat di Kampus STMIK DCC Kotabumi, Kamis dan Jum’at  (28-29 Juli 2022) lalu Program Studi S1 Sisitem Informasi STMIK DCC Kotabumi mengadakan ujian sertifikasi kompetensi bidang teknologi Informasi khususnya untuk penggunaan Aplikasi Desktop Microsoft Office yang bekerjasama dengan salah satu provider sertifikasi berlisensi Microsoft yaitu Ebiz Education Enterprise. Sertifikasi diikuti oleh sekitar 42 mahasiswa yang kesemuanya adalah mahasiswa S1 Sistem Informasi. Sebagai instruktur pada sertifikasi yang diadakan tersebut tidak lain adalah dosen STMIK DCC Kotabumi sendiri Ngajiyanto, M.Kom yang sebelumnya beliau telah mengikuti training terlebih dahulu yang diselenggarakan oleh provider penyelenggara sertifikasi. “Sertifikasi ini diadakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kompetensi mahasiswa dalam penggunaan Aplikasi Desktop khususnya Microsoft Office seperti MS. Excel, sehingga harapannya mahasiswa setelah lulus ujian sertifikasi ini berkompeten dalam menggunakan MS. Office dan sertifikat yang dikeluarkan nantinya adalah berlisensi internasional”, tutur Bpk. Sidik Rahmataullah, M.Kom selaku Ketua STMIK DCC Kotabumi.

Bpk Sidik mengatakan, bahwa tujuan dari diadakannya sertifikasi ini adalah mempersiapkan mahasiswa S1 Sistem Informasi untuk menjadi “mahasiswa Plus/punya nilai lebih” dimana selain ijazah yang telah didapatkan, mahasiswa juga mempunyai sertifikat keterampilan yang diakui secara nasional maupun internasional.  Banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa dimana salah satunya adalah dapat dijadikan sebagai lampiran ijazah untuk bahan pertimbangan oleh stakeholder, dan kami di Prodi S1 Sistem Informasi akan berupaya semaksimal mungkin menyediakan sertifikasi untuk semua mata kuliah dalam bidang teknologi informasi baik bertaraf nasional ataupun internasional, pungkasnya.

Terpisah, Wakil Ketua Ibu Dwi Marisa Efendi,S.Kom, M.Ti sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Prodi S1 Sistem Informasi, dengan adanya sertifikasi maka kompetensi seseorang menjadi bisa dipertanggungjawabkan serta sekaligus menambah nilai tawar bagi mereka yang sedang mencari peluang kerja, ujar beliau. Hal penting lain selain sertifikasi untuk bertahan di dunia kerja adalah untuk selalu terus menambah wawasan serta kompetensi berkelanjutan sesuai dengan perkembangan TIK saat ini. Penting juga untuk selalu menjaga kualitas kompetensi sehingga bisa memaksimalkan knowledge, skill dan attitude sehingga kemampuan antara HardSkill dan Soft Skill mahasiswa bisa seimbang, pungkasnya.