ANALISA PENGARUH DIMENSI KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (studi kasus pada www.Biznetnetworks.com)

  • Asep Afandi
Keywords: e-Servqual, Regresi Linier Berganda, Regresi Linier Sederhana, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

Perkembangan teknologi mengubah budaya pemasaran. Internet mendukung berbagai kegiatan bisnis secara global termasuk strategi penjualan global dari sebuah produk tidak terbatas pada waktu dan tempat. Calon pembeli hanya cukup dengan meng-klik sebuah halaman website untuk mendapatkan informasi tentang bandwich koneksi internet baik untuk perusahaan, perumahan dan perorangan.

Penelitian ini akan mengukur seberapa besar pengaruh website www.Biznetnetworks.com sebagai alat bantu informasi profil perusahaan dan pemasaran produk jasa koneksi internet oleh perusahaan Biznet. Dengan mengetahui seberapa besar pengaruh e-Servqual terhadap tingkat kepuasan dan besar pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas mereka. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 5 variabel e-Servqual yang mempengaruhi variabel Kepuasan pengguna website, dengan korelasi tinggi pada tiap variabel terhadap Kepuasan Pada Dimensi 1 (D1) dengan Kepuasan (K) berkorelasi dengan nilai 0,651. Pada Dimensi 2 (D2) dengan Kepuasan (K) dengan nilai 0,634. Pada Dimensi 3 (D3) dengan Kepuasan pada nilai 0,708. Pada Dimensi 4 (D4) dengan variable Kepuasan (K) pada nilai 0,777. Dan variabel Dimensi 5 (D5) dengan Kepuasan (K) pada nilai 0,767. Nilai signifikansi yang ditampilkan menunjukkan bahwa hubungan diantara kedua variabel perhitungan pada tiap dimensi memiliki signifikansi yang  hampir kesemuanya cukup baik, sehingga regresi ini layak untuk dilakukan. Dan pengaruh 5 variabel dimensi tersebut berpengaruh pada variabel kepuasan sebesar 72,. Pada ANOVA, nilai F menunjukkan angka 6,210 dan Significance F memperlihatkan signifikansi yang berada diatas batas 0,05; yaitu 1,054. Maka, regresi ini tidak layak dilakukan.

Kemudian, pada perhitungan pengaruh variabel Kepuasan terhadap variabel Loyalitas pelanggan maka akan didapatkan Pada gambar tabel ANOVA, nilai F adalah 114,8086 dengan signifikansi sebesar 5,44. Ini berarti regresi yang dilakukan layak untuk dipakai. Hasil penelitian yang didapatkan dapat dijadikan tolak ukur pengambilan keputusan terhadap ke-efektifan penggunaan website sebagai media pemasaran produk dan optimalisasi penggunaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Wijaya, Toni: “Praktis dan Simpel Cepat Menguasai SPSS 20”, Penerbit Atma Jaya , Mei 2012.
[2] Sarwono, Jonathan: “Mengenal SPSS Statistic 20”,Penerbit Elex Media Komputindo 2012
[3] www.Biznetnetworks.com
[4] Stuart J. Barnes and Richard Vidgen :” Measuring Web site quality improvements: a case study of the forum on strategic management knowledge exchange.” Industrial Management & Data Systems . 103/5 [2003] 297-309.

[5] Sidonia Otilia Cernea, Janetta Sîrbu, Nicolae Mărginean.:” DETERMINATION OF USERS SATISFACTION LEVEL REGARDING THE QUALITY OF E-SERVICES PROVIDED BY “BOGDAN-VODĂ” UNIVERSITY”. Annales Universitatis Apulensis Series Oeconomica, 11(2), 2009.
[6] MONIDEEPA TARAFDAR, JIE ZHANG.” Determinants of Reach and Loyalty A Study of Website Performance and Implications for Website Design”. Journal of Computer Information Systems Winter 2007-2008
[7] Zhilin Yang, Shaohan Cai, Zheng Zhou, Nan Zhou.” Development and validation of an instrument to measure user perceived service quality of information presenting Web portals”. Information & Management 42 (2005) 575–589
[8] Abdul R Saliman, SH, MM, dkk, “Hukum Bisnis Untuk Perusahaan (Teori dan Contoh Kasus)”, Kencana Renada Media Group, Jakarta 2005. Hal. 100, dikutip dari : http://repository.usu.ac.id
Published
2019-04-16
How to Cite
[1]
A. Afandi, “ANALISA PENGARUH DIMENSI KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (studi kasus pada www.Biznetnetworks.com)”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 7, no. 1, pp. 43-54, Apr. 2019.