PERANCANGAN JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) DAN DNS SERVER MENGGUNAKAN ROUTING PROTOKOL OPEN SHORTEST PATH FIRST (OSPF) PADA BUMIPUTERA BANDAR JAYA

  • Sidik Rahmatullah STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi
Keywords: Jaringan komputer Lokal (LAN), DNS Server, Routing Protokol Open Shortest Path First (OSPF)

Abstract

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat lainnya yang dirancang untuk dapat bekerja bersama-sama dalam berbagai manfaat dan tujuan antara lain untuk berkomunikasi, akses informasi, menerima maupun memberikan layanan. Bagian yang menerima layanan disebut Client dan bagian yang memberikan layanan disebut Server. Sistem ini dikenal sebagai sistem client-server yang sudah digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Saat ini banyak instansi tertentu yang menggunakan jaringan LAN (Local Area Network). LAN merupakan suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan satu unit komputer untuk bank data (server).

Tahapan-tahapan yang dilakukan pada tugas akhir ini memiliki beberapa tahapan, yaitu mencari dan mengumpulkan data apa saja yang dibutuhkan untuk merancang sebuah jaringan komputer LAN dengan DNS Server menggunakan routing protokol OSPF setelah data yang diperlukan terkumpul adalah melakukan proses lebih lanjut data tersebut diolah sebagai masukan untuk merancang sebuah jaringan sederhana, setelah itu tahapan selanjutnya adalah menentukan kebutuhan sistem dan melakukan simulasi terlebih dahulu.

Jaringan komputer yang dirancang pada Kantor Bumiputera Bandar Jaya sangat membantu mempermudah proses kinerja staff dan karyawan untuk dapat saling bertukar data dan informasi, Efektifitas jaringan komputer akan meningkat jika menggunakan metode dan konfigurasi yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-25
How to Cite
[1]
S. Rahmatullah, “PERANCANGAN JARINGAN LOCAL AREA NETWORK (LAN) DAN DNS SERVER MENGGUNAKAN ROUTING PROTOKOL OPEN SHORTEST PATH FIRST (OSPF) PADA BUMIPUTERA BANDAR JAYA”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 4, no. 2, pp. 37-54, Mar. 2017.

Most read articles by the same author(s)