PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN OLEH-OLEH KHAS GARUT (STUDI KASUS TOKO OLEH-OLEH IBU NIA)

  • Agus Setiawan Politeknik TEDC Bandung
  • Ari Sudrajat Politeknik TEDC Bandung
Keywords: Data mining, Pola penjualan, Algoritma apriori,Association Rules.

Abstract

Toko Oleh-oleh Ibu Nia menjadi permasalahan terkait manajemen stok produknya, dimana penumpukan/barang tidak terjual dan kekurangan barang kerap kali terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma Apriori untuk menganalisis pola penjualan produk toko serta preferensi pelanggan terhadap produk tersebut untuk memberikan asosiasi antar produk guna membantu optimalisasi manajemen stok dan strategi penjualan. Penelitian ini menggunakan dataset dari transaksi toko pada bulan Januari 2023 hingga bulan Februari 2024 dengan jumlah transaksi 4166. Metodologi penelitian yang digunakan meliputi delapan tahapan, yaitu identifikasi masalah, penentuan tujuan dan ruang lingkup, mencari literatur, pengumpulan data, observasi, wawancara, preparasi data, dan analisis menggunakan RapidMiner, algoritma Apriori dengan perhitungan nilai support dan confidence guna menemukan aturan asosiasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk dengan nilai support tertinggi adalah Dodol Garut dan Keripik Kentang sebesar 41,6%, dengan 74,9 transaksi yang mencakup pembelian keduanya secara bersamaan.pola ini menunjukkan bahwa kedua produk ini sering dibeli bersamaan,mengindikasikan permintaan yang tinggi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan algoritma Apriori efektif dalam mengidentifikasi pola penjualan yang signifikan, yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan efisiensi stok dan strategi pemasaran. Rekomendasi praktis termasuk penambahan stok produk dengan permintaan tinggi dan penerapan strategi bundling untuk produk kurang populer guna meningkatkan daya tarik dan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, hasil ini diharapkan dapat mendukung peningkatan penjualan dan pengelolaan stok di Toko Oleh-oleh Ibu Nia, serta berkontribusi pada pengembangan oleh-oleh khas Garut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-04
How to Cite
[1]
A. Setiawan and A. Sudrajat, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN OLEH-OLEH KHAS GARUT (STUDI KASUS TOKO OLEH-OLEH IBU NIA)”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 12, no. 02, pp. 78-85, Oct. 2024.