ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING (EAP) DALAM PENYUSUNAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK YANG TERINTERGRASI : STUDI KASUS AMIK DIAN CIPTA CENDIKIA (DCC) BANDAR LAMPUNG

  • Ferly Ardhy
  • Rustam Rustam
  • Junaidi Junaidi
Keywords: Enterprise Architecture Planning, Cetak biru (blue print)

Abstract

Strategi dan kebijakan dalam suatu organisasi yang profit oriented dan mempunyai misi social (public service) yang mengutamakan pada layanan konsumen. Perkembangan sistem informasi dan teknologi informasi akan berdampak pada persaingan yang semakin kompetitif, hal ini berlaku juga di dunia pendidikan terutama bagi perguruan tinggi yang dikelola oleh masyarakat (swasta), menuntut pihak pengelola untuk membangun dan mengembangkan sistem informasi dalam membantu aktifitas bisnis, mencapai tujuan organisasi dan layanan bagi stakeholder.

Enterprise Architecture Planning (EAP) sebagai salah satu metoda atau kerangka acuan untuk membangun sebuah arsitektur informasi. EAP merupakan suatu metode perencanaan arsitektur yang berorientasi pada kebutuhan bisnis yang terdiri dari arsitektur data, aplikasi dan teknologi serta rencanan implementasi dari arsitektur yang telah dibuat untuk mendukung aktivitas bisnis demi pencapaian misi organisasi.

Cetak biru (blue print)  dari tahapan ini akan menghasilkan sebuah arsitektur enterprise yang pada nantinya bisa dijadikan oleh AMIK DCC Bandar Lampung sebagai landasan untuk membangun suatu Sistem Informasi Akademik yang Terintergrasi guna membenahi permasalahan pada AMIK DCC Bandar Lampung.  Adapun hasil dari pendefinisian arsitektur enterprise ini menghasilkan 51 entitas dan 41 usulan kandidat aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-25
How to Cite
[1]
F. Ardhy, R. Rustam, and J. Junaidi, “ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING (EAP) DALAM PENYUSUNAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK YANG TERINTERGRASI : STUDI KASUS AMIK DIAN CIPTA CENDIKIA (DCC) BANDAR LAMPUNG”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 66-86, Oct. 2016.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>