PENERAPAN METODE HOT FIT DALAM EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DI RSUD JOMBANG

  • Chandra Sukma
  • Indra Budi
Keywords: hot fit model, Sistem Informasi Rumah Sakit

Abstract

ABSTRAK
Sistem Informasi Rumah Sakit (SIMRS) merupakan aplikasi berbasis komputerisasi yang dikembangkan untuk manajemen data rekam medis. Penerapan SIMRS di RSUD Kabupaten Jombang masih ditemukan kendala antara lain terdapat user yang kesulitan menggunakan SIMRS, pemahaman yang kurang tentang SIMRS, sumber daya yang terbatas, kurangnya dukungan pimpinan, serta penggunaan SIMRS yang belum memanfaatkan data terpusat.
Tujuan penelitian ini untuk menggamba kan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas penerapan SIMRS dengan menggunakan model evaluasi Human-Organization-Technology (HOT) Fit. Jenis penelitian yng digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna (user) aplikasi SIMRS di RSUD kabupaten Jombang, dengan sampel yaitu total populasi sebanyak 64 orang. Hasil penelitian dengan korelasi menunjukkan ada hubungan ketersediaan fasilitas dan kualitas informasi dengan efektivitas penerapan SIMRS dan tidak ada hubungan kapabilitas personal, efektivitas pelatihan, dukungan manajemen puncak, dukungan rekan kerja, dan kualitas sistem dengan efektivitas penerapan SIMRS.
Hasil penelitian dengan analisis regresi linier sederhana menunjukkan ada pengaruh ketersediaan fasilitas terhadap efektivitas penerapan SIMRS sebesar 33,5%. Saran yang diberikan yaitu pengkajian ulang terhadap rancangan aplikasi SIMRS, monitoring dan evaluasi terkait ketersediaan sumber daya manusia dan fasilitas di RSUD Jombang, feedback dari user terkait dengan aplikasi SIMRS, dan pengoptimalan dukungan manajemen puncak dalam evaluasi penerapan SIMRS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-20
How to Cite
[1]
C. Sukma and I. Budi, “PENERAPAN METODE HOT FIT DALAM EVALUASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DI RSUD JOMBANG”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 5, no. 1, pp. 34-41, Apr. 2017.