Posted by adminstmik Info Kampus, Info LPPM

Pelatihan ” Membangun Usaha UMKM melalui android di Balai Desa Candimas “

Pengabdian Pada Masyarakat rutin diselenggarakan oleh STMIK DCC Kotabumi pada kesempatan ini menggandeng Usaha Kecil Micro Menengah (UMKM) di Desa Candimas sebagai mitra usaha yang di Moderatori oleh Bapak Pakarti Riswato, S.Kom.,M.Ti . Kegiatan tersebut diadakan untuk memfasilitasi pemostingan produk pada pelaku usaha UMKM ke aplikasi android mereka untuk mendukung promosi produk dari pelaku UMKM. Dalam kegiatan ini, yang bertemakan “ Pelatihan Aplikasi Mobile E – Commerce dalam menghadapi Era Revolution Industry 4.0 yang diselenggarakan dibalai Desa Candimas Kecamatan Abung – Selatan, Kabupaten Lampung Utara.  Bapak Rustam, S. Kom.,M.Ti selaku ketua LPPM STMIK DCC Kotabumi dalam sambutanya menyampaikan terimakasih kepada Bapak Kepala Desa Candimas atas bersedianya memberikan fasilitas pertemuan terhadap pelatihan UMKM di desa Candimas dan Menjadi sinergi antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Desa dalam pengembangan Ekonomi masyarakat Khususnya UMKM yang ada di Desa. 

Adapun Bapak Zainal Abidin selaku Kepala Desa Candimas menyampaikan dalam sambutanya mengakui, masih rendahnya literasi digital terhadap UMKM. Karena itu beliau berharap dengan adanya kegiatan ini dapat melakukan berbagai program secara masif agar UMKM bisa berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi khususnya bagi penggiat UMKM serta. diharapkan acara seperti ini terus dijalin kerja samanya agar masyarakat ekonomi Kecil Menegah dapat bersaing dalam menghadapi Era Revolution Industry 4.0.

Adapun materi yang disampaikan Oleh Bapak Romadon, M.Pd selaku Pemateri dalam acara tersebut yaitu mengenalkan aplikasi mobile sebagai digital ekonomi yang kita hadapi saat ini. “Perekonomian global sedang melakukan transformasi besar-besaran, kalau tak terlibat kita akan tertinggal,” Apalagi pertumbuhan pengguna internet di Indonesia sangatlah besar, Dan Meskipun mengalami tren pertumbuhan, aplikasi mobile di tingkat usaha mikro, kecil, dan menengah masih jarang digunakan di Indonesia, padahal pengguna ponsel pintar dengan aplikasi mobile semakin berkembang jumlahnya. Di sinilah pebisnis online dapat memanfaatkan pasar yang semakin besar ini.

Dengan memiliki aplikasi mobile dimana para pengguna dapat mengunduh ke ponsel mereka, bisnis kita akan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan kompetitor. Dalam sekejap, calon pembeli bisa langsung meng-klik aplikasi kita dan membeli produk kita. Aplikasi mobile untuk bisnis akan membantu kita membangun merek produk kita ujar pak Romadhon selaku Pengisi Materi Pelatihan.

 

Tags:

About Author