Posted by adminstmik Info Kampus, Info LPM

Workshop Peningkatan Kompotensi Program Studi bagi Perguruan Tinggi

STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi (13/8), Lembaga Penjaminan Mutu Kotabumi, Kurniawati, S. Kom., yang mengikuti Workshop Peningkatan Kompetensi Program Studi bagi Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II di Hotel Horison Bandar Lampung. Workshop tersebut dibuka langsung oleh Prof. Dr. Slamet Widodo, MS.,MM. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah II.

Materi awal diisi oleh Prof. Dr. Aris Junaedi selaku Direktur Penjaminan Mutu Kemenristekdikti yang menjadi narasumber pertama dalam workshop ini menyampaikan materi terkait program dan kebijakan penjaminan mutu perguruan tinggi. Dalam kesempatan tersebut beliau menegaskan bahwa mempertahankan mutu adalah bagian dari amanat undang-undang. Beliau juga mengingatkan pentingnya membangun budaya mutu perguruan tinggi yang dapat dilakukan dengan mengubah pola pikir, pola sikap dan pola perilaku berdasarkan Standar Dikti.
Prof. Dr. I Made Putrawan., yang mengisi materi workshop selanjutnya juga menyampaikan pentingnya kinerja program studi pada perguruan tinggi, Berdasarkan UU sistem Pendidikan Nasional No. 20/2003 disebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah “untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
Sementara itu Dr. Sarwanto, S. Pd, M.Si dari Universitas Sebelas Maret menyampaikan materi terakhir yaitu tentang Strategi Program Studi Menghadapi APS 4.0. Dalam kesempatan tersebut beliau mengingatkan kembali terkait dengan Perubahan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 yang sebelumnya tujuh standar menjadi sembilan kriteria, dimana penyusunan borang dilaksanakan oleh UPPS (Unit Pengelola Program Studi).Selain itu Dr. Sarwanto memberikan pemahaman terhadap instrumen dan persiapan LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) dan LED (laporan Evaluasi Diri). Beliau juga menghimbau agar seluruh perguruan tinggi dapat menyusun borang akreditasi tepat waktu, mengingat borang akreditasi harus sudah tersubmit enam bulan sebelum masa akreditasinya habis.

Tags:

About Author